Pengelolaan Pengaduan

By UPTD KESEHATAN PUSKESMAS BANGIL 09 Agu 2021, 20:07:44 WIB

Gambar : sarana pengaduan masyarakat secara daring meluai telepon dan media sosial Puskesmas

 

Pengelolaan pengaduan adalah kegiatan penanganan pengaduan sesuai dengan mekanisme dan tata cara pengelolaan pengaduan.
Pengaduan masyarakat dapat dilakukan secara langsung melalui petugas puskesmas atau petugas resepsionis dan secara daring melalui media sosial Puskesmas.

Pengaduan adalah penyampaian keluhan yang disampaikan pengadu kepada pengelola pengaduan pelayanan publik atas pelayanan pelaksana yang tidak sesuai dengan Standar Pelayanan, atau pengabaian kewajiban dan/atau pelanggaran larangan oleh Penyelenggara. setiap pengaudan akan dilakukan penanganan sesuai dengan standar pelayanan pengaduan yang dimiliki puskesmas, Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggara pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

                                   Gambar : Alur Pengaduan Puskesmas Bangil

Pengaduan yang masuk atau diterima,dan dicatat danditindaklanjuti oleh tim penanganan pengaduan Puskesmas, yaitu pejabat, pegawai atau orang yang ditugaskan oleh Puskesmas untuk mengelola pengaduan maupun sengketa pelayanan publik. 

                                  Gambar : Tim Penanganan Pengaduan Puskesmas Bangil